Jumat, 24 Mei 2013

Cara Laporin dan Blokir Nomer HP yang suka ngirim SMS gak jelas/nipu

Hallo masbro dan mbakbro! :) Ane bikin postingan tentang judul yang ane cantumin tuh. Suka kesel atau risih gak sih kalo ada SMS dari orang yang gak jelas dan gak ada di kontak HP kita tiba-tiba nge-SMS “mamah minta pulsa atau kirim ke rekening saya segera” dan sebagainya deh soalnya banyak banget modus sejenis begitu. Tapi sebenernya kita bisa kok laporin si penipu-penipu itu ke operator masing-masing sesuai nomernya, dan juga cara ini GRATIS loh alias gak bayar. Untuk saat ini sih baru ada di 3 operator (Telkomsel, Xl dan Indosat) nah ini caranya :

CARA BLOKIR NO HP PENIPUAN

1. TELKOMSEL
Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166
Contoh : Penipuan#081212­3456#selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin…dst lalu kirim ke 1166

2. XL
Format SMS : Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg dikeluhkan lalu krm ke 588

3. INDOSAT
Format SMS : SMS(spasi)Nomor­ pengirim SMS penipuan (spasi)­ isi SMS penipuan, kirim ke 726

Kalo udah lebih dari 2 orang yang melaporkan SMS penipuan, maka nomor tersebut segera diblokir secara permanen oleh operator. Sekali lagi yah layanan ini GRATIS! :)


Kalo agan-agan masih bingung gimana mekanismenya atau bertanya-tanya "gimana bisa ngeblokir nomer orang dengan cara SMS doang?' Jadi begini agan-agan penjelasannya :

  1. Operator akan melacak nomer pengirim tersebut
  2. Kalo benar si pengirim SMS itu udah ngirim ke 100 nomer, langsung diblokir tuh sama operator
  3. Sebenernya gak diblok secara permanen, cuma gak bisa kirim SMS lagi.
  4. Kalo didukung sama pihak kepolisian, kemungkinan nomer itu bakalan diblok permanen
Nah, mungkin segitu aja postingan tentang cara blok penipu kurang profesional :P Kalo menurut ane sih cara ini cukup efektif tapi tetep aja si penipu beli kartu perdana lagi dan lanjutin modusnya lagi hahaha kan agan-agan tau sendiri lah sekarang harga kartu perdana berapa, gak kayak jaman dulu bisa sampai ratusan ribu untuk 1 kartu perdana.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Cara Laporin dan Blokir Nomer HP yang suka ngirim SMS gak jelas/nipu"

Poskan Komentar